Sejarah Singkat SMK Al Amanah

SMK Al Amanah (Al Amanah The Vocatinal School) yang dikenal dengan alamanah vocis adalah sebuah lembaga pendidikan kejuruan di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren dan Pendidikan Al Amanah Al Bantani.

 

Pada tahun pelajaran 1996/1997 Yayasan Pondok Pesantren dan Pendidikan Al Amanah Al Bantani, (dahulu YPP Al Amanah) membuka Sekolah menengah kejuruan dengan program keahlian Sekretaris dan Akuntansi. Adapun izin operasional diperoleh dari kanwil depdikbud (sekarang kemendiknas) melalui SK Kakanwil Depdikbud Provinsi Jawa Barat nomor 325/102.1/Kep/05/1997.

 

Pada tahun 2000, SMK Al Amanah meraih status diakui berdasarkan SK Kakanwil Depdiknas Provinsi Jawa Barat nomor, 068/102.8h/2000.

 

Minat masyarakat untuk menyekolahkan putra/putri nya di SMK Al Amanah mendapatkan predikat baik. Menyikapi kepercayaan masyarakat, maka SMK Al Amanah berusaha mendidik siswa nya agar setelah menyelesaikan pendidikan di SMK Al Amanah para alumnus benar benar layak untuk memasuki dunia usaha maupun berwirausaha sendiri. Program diklat di SMK Al Amanah ditekankan mengikuti perkembangan teknologi, misalnya penyesuaian software yang dipelajari dengan software yang akan digunakan siswa dalam bekerja selepas mereka lulus, penggunaan alat alat yang serupa dengan alat alat di dunia usaha nantinya.

 

Sampai saat ini SMK Al Amanah Vocis sudah memilik beberapa program keahlian yang dapat dipelajari oleh para siswa, yaitu :

  1. Administrasi Perkantoran
  2. Akuntansi
  3. Pemasaran
  4. Rekayasa Perangkat Lunak,

dan pada 2014 lalu, SMK Al Amanah juga membuka program keahlian baru, yaitu

  1. Perbankan Syariah

 

Kurikulum yang digunakan di SMK Al Amanah saat ini adalah kurikulum perpaduan antara Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013, dan juga kurikulum yayasan berkenaan dengan mata pelajaran rohani, yaitu penambahan mata diklat fiqih, ekonomi islam, kajian al quran dan hadits.